Statistik menampilkan informasi yang dikumpulkan dari pengunjung yang mengakses halaman landing page anda. Statistik memberikan informasi total pengunjung, total klik, dan total impression dalam bentuk grafik.
Melihat Statistic Website
- Pergi ke dashboard bagian analytics kemudian tekan menu statistic website.
- Anda dapat mengatur beberapa pengaturan Filter untuk menyaring data statistik landing page berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria yang disediakan yaitu Bulan, Tahun (YYYY), dan Tipe Landing Page. Klik tombol Terapkan untuk menerapkan filter, dan klik tombol Reset untuk mereset statistik ke filter semula.
beberapa menu yang anda dapat lihat adalah sebagai berikut:
- Visit
Statistik Visit menampilkan informasi jumlah pengunjung pada landing page yang anda buat. Statistik ini dapat memberikan wawasan penting tentang seberapa populer atau efektif halaman tersebut dalam menarik perhatian pengunjung.
Terdapat 2 informasi kunjungan :
- Page Visit : Jumlah berapa kali landing page dikunjungi.
- Unique Visit : Menghitung pengunjung eksklusif, dimana pengunjung akan dihitung kunjungannya 1 kali per-15 menit.
- Click
Statistik Click menampilkan informasi seberapa sering suatu tombol di sebuah landing page yang anda buat diklik oleh pengguna. Saat pengunjung klik tombol pada section yg anda buat, maka akan masuk track click.
- Impression
Statistik Impression menampilkan informasi seberapa sering suatu section dilihat oleh pengguna. Untuk melihat statistik landing page impression, pilih Link Landing Page lalu klik tombol Terapkan.
- UTM (Urchin Tracking Module)
UTM menampilkan informasi dari mana asal pengunjung subdomain anda. Dengan UTM, anda bisa mengetahui dari mana pengunjung datang, misalnya dari media sosial, email, atau iklan online. Pengaturan UTM biasanya dilakukan dari situs asal pengunjung tersebut dengan menambahkan parameter UTM pada link. Terdapat 5 tipe parameter UTM :
- UTM_SOURCE : Sumber asal pengunjung.
- UTM_CAMPAIGN : Nama kampanye pada sumber asal pengunjung.
- UTM_CONTENT : Isi UTM untuk membedakan setiap UTM pada kampanye yang sama.
- UTM_MEDIUM : Media yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung, misalnya email, CPC, dan sebagainya.
- UTM_TERM : Berisi kata kunci yang berhubungan dengan kampanye.
Untuk melihat statistik UTM, pilih Tipe UTM dan Subdomain, maka statistik akan muncul di layar anda.