3 Ide Struktur Konten TikTok, Bisa untuk Promosi Produk Tertentu!

Struktur Konten TikTok

Bingung dalam membuat konten di TikTok, khususnya konten promosi? Kamu mungkin perlu menggunakan struktur konten TikTok sebagai panduan. Mari kita bahas!

Menjadi content creator sebenarnya tidaklah sederhana.

Kamu harus memikirkan ide konten setiap hari. Belum lagi jika kamu mengalami stuck ide.

Kebingungan pun sering dialami oleh para content creator yang fokus dalam menjual produk.

Sebab, konten promosi secara lingkup “begitu-begitu” saja.

Tak jarang, kondisi tersebut membuat para content creator yang berjualan harus mengulang formula yang sama dalam memproduksi sebuah konten di TikTok.

Sebagai solusi dari masalah di atas, kamu bisa menggunakan panduan khusus. Misalnya dengan menggunakan struktur konten TikTok yang sudah terbukti berhasil.

Nah, artikel ini akan mencoba memberikan contoh struktur konten TikTok yang dapat dicoba, khususnya bagi kamu yang niche-nya berjualan atau mungkin berstatus sebagai affiliator.

Catat baik-baik!

3 Ide Struktur Konten TikTok untuk Promosi atau Berjualan

Struktur Konten TikTok

Sebagai informasi, ide struktur konten TikTok ini dilansir dari TikTok langsung.

Setidaknya, terdapat tiga struktur konten TikTok yang dapat kamu coba.

Berikut detailnya:

1. Struktur Konten untuk Mengenalkan Bisnis atau Produk

Untuk membuat konten dengan angle mengenalkan produk tertentu, ada beberapa pertanyaan yang mesti dijawab terlebih dulu.

Pertanyaan tersebut digunakan di dalam konten yang nantinya kamu buat.

Pertanyaan itu terdiri dari:

  • Sebutkan masalah yang bisa diselesaikan oleh produk kamu.
  • Bagaimana produk kamu menyelesaikan masalah ini? (Sebutkan 3–5 cara).
  • Tindakan apa yang kamu harapkan dari penonton setelah mereka melihat iklan ini?

Struktur kontennya bisa dibuat seperti ini:

Pembuka

  • Saran durasi: 3–5 detik
  • Buka dengan pernyataan atau pertanyaan yang memperkenalkan masalah dari pertanyaan ke-1.
  • Saran visual: orang yang bicara langsung ke kamera; pengambilan gambar untuk produk/layanan.

Inti

  • Saran durasi: 10–15 detik
  • Perkenalkan produk kamu. Jelaskan poin-poin yang kamu uraikan di pertanyaan ke-2.
  • Saran visual: menampilkan produk yang digunakan.

Penutup

  • Saran durasi: 3–5 detik
  • Ajak bertindak!
  • Sampaikan ajakan bertindak berdasarkan jawaban kamu untuk pertanyaan ke-3. Sampaikan secara jelas.
  • Saran visual: orang yang bicara langsung ke kamera; teks overlay dengan CTA.

2. Struktur Konten Testimoni

Sama seperti struktur konten TikTok pertama, kamu pun harus menjawab beberapa pertanyaan dulu.

Pertanyaan yang harus dijawab itu ialah:

  • Pikirkan sesuatu yang memikat pelanggan yang dibungkus dengan tujuan memperkenalkan keuntungan produk kamu. Contohnya: “Produk X adalah pembelian terbaik saya di tahun 2021. Ini alasannya.”
  • Hasil dari pemikat perhatian, sebutkan 3–5 manfaat produk yang menjawab pemikat perhatian dari pertanyaan ke-1.
  • Bagaimana pelanggan ini meyakinkan orang lain untuk membeli produk kamu?

Struktur konten TikToknya dapat dibuat seperti ini:

Pembuka

  • Saran durasi: 3–5 detik
  • Buka dengan pemikat perhatian dari pertanyaan ke-1.
  • Saran visual: orang yang bicara langsung ke kamera.

Inti

  • Saran durasi: 10–15 detik
  • Sampaikan hasil dari pemikat perhatian dengan menampilkan atau mengungkapkan poin-poin dari pertanyaan ke-2.
  • Saran visual: menampilkan produk yang digunakan.

Penutup

  • Saran durasi: 3–5 detik
  • Ajak bertindak! Ciptakan rasa mendesak dengan jawaban dari pertanyaan ke-3 guna membuat ajakan bertindak.
  • Saran visual: orang yang bicara langsung ke kamera.

3. Struktur Konten untuk Memamerkan Produk

Struktur konten TikTok selanjutnya bisa digunakan jika kamu ingin memamerkan produk ke khalayak atau audiens.

Serupa dua poin di atas, kamu juga harus menjawab beberapa pertanyaan terlebih dulu.

Pertanyaan yang harus dijawab sebelum kamu membangun alur cerita:

  • Tentukan satu produk yang akan dipamerkan untuk iklan ini.
  • Mengapa pelanggan menyukai produk ini?
  • Apa alasan spesifik untuk membeli produk ini?

Misalnya: “Produk ini adalah kado terbaik untuk dihadiahkan kepada orang tersayang.”

Struktur konten yang dapat dibuat, bisa seperti ini:

Pembuka

  • Saran durasi: 3–5 detik
  • Perkenalkan produk dari pertanyaan ke-1.
  • Saran visual: pengambilan gambar close up untuk produk.

Inti

  • Saran durasi: 10–15 detik
  • Jelaskan poin-poin yang kamu jawab di pertanyaan ke-2.
  • Saran visual: perkecil tampilan untuk menekankan desain, branding, atau kemasan produk; tunjukkan momen saat produk digunakan.

Penutup

  • Saran durasi: 3–5 detik
  • Ajak bertindak! Berikan pengguna alasan spesifik untuk membelinya dengan membuat CTA berdasarkan jawaban pertanyaan ke-3.
  • Saran visual: orang berinteraksi dengan produk; teks overlay dengan CTA.

Itulah tadi beberapa contoh struktur konten TikTok yang bisa kamu coba terapkan. Semoga bermanfaat!

***Foto: freepik.com

Previous
Next
Anda mungkin juga tertarik

Menu

Anda mungkin juga tertarik